Intip ACE Corner Maret 2023, Beragam Pencapaian Keren Para Anggota ACE!

Assemblr Blog
4 min readMar 30, 2023

Selamat datang di ACE Corner—rubrik terbaru kami untuk membagikan segala pencapaian menarik yang dialami oleh para anggota Assemblr Certified Educator (ACE) di seluruh dunia!

Setiap bulannya, kami akan membagikan panggung dengan para anggota ACE terpilih untuk membagikan aktivitas-aktivitas mereka di artikel maupun sosial media kami.

Pencapaian tersebut pun beragam, mulai dari webinar, acara, atau membuat proyek-proyek AR yang super kreatif.

Di bulan Maret 2023 ini, ada beragam pencapaian yang sudah diraih oleh anggota ACE, lho! Yuk, cek selengkapnya di sini:

Federica Tamburini: Presentasi di Pameran Didacta Italy Fair 2023

ACE kami asal Italia, Federica, berpartisipasi dalam acara pameran Didacta Italy Fair 2023 sebagai pembawa dalam dua workshop bertemakan augmented reality (AR).

Didacta Italy Fair sendiri adalah salah satu pameran edukasi yang penting di wilayah Eropa. Menurut Federica, terdapat ribuan pengunjung yang datang untuk belajar hal baru mengenai pembelajaran interaktif—serta bertemu sesama pegiat edukasi.

Selama sesi workshop, Federica menjadi pembicara dalam kedua workshop bertemakan augmented reality (AR)—dalam rangka mengenalkan Assemblr EDU sebagai aplikasi AR untuk pembelajaran imersif.

Seluruh peserta workshop pun merasa semangat dan antusias dalam mengenal lebih lanjut tentang Assemblr EDU. Hal itu tentunya jadi kabar baik juga bagi kami untuk melakukan pengembangan terhadap platform Assemblr EDU.

“Saya memperlihatkan beberapa konten AR yang saya siapkan sendiri untuk para murid, dan semua orang memindai marker untuk mencoba sendiri proyek tersebut. Mereka semua sangat kagum terhadap proyek-proyek AR tersebut!

Kurniati Sautami: Pameran Assemblr EDU di Tanggamus EXPO

Dalam rangka ulang tahun kabupaten Tanggamus, Bu Kurniati, atau yang lebih akrab dipanggil Bu Nia, mengikuti acara Tanggamus EXPO 2023 dan membuka booth Assemblr EDU.

Awalnya, beliau hanya berpartisipasi sebagai panitia acara. Namun, Bu Nia mengusulkan adanya booth Assemblr EDU pada bagian Pendidikan.

Di pameran yang telah dikunjungi sekitar 100 orang tersebut, Bu Nia berhasil mengambil hati para pengunjung yang mayoritasnya terdiri dari guru, orang tua, dan siswa, untuk mencoba konten AR yang ditawarkan di Assemblr EDU.

Dari yang sudah kami dengar, hasilnya pun sangat memuaskan. Bu Nia diundang beberapa sekolah untuk mengadakan pelatihan mengenai Assemblr EDU!

“Semoga akan semakin banyak yang mengenal Assemblr jauh lebih dalam lagi, dan menggunakan aplikasinya untuk kegiatan pembelajaran dan meningkatkan minat belajar siswa.”

Noviya: AR Lesson of the Month

AR Lesson of the Month bulan ini dinobatkan untuk Pak Noviya dengan proyeknya yangberjudul Lapisan Atmosfer.

Dibuat untuk siswa SMA kelas 10, pembelajaran tersebut dibuat dengan tampilan interaktif dan imersif dalam bentuk augmented reality (AR).

Mengenai ide dan proses di balik pembuatannya, Pak Noviya membuat scene pertamanya sebagai rangkuman pembelajaran yang dibuat agar siswa lebih tertarik untuk mencari tahu lebih banyak lagi.

Selain itu, Pak Noviya juga menggunakan bantuan audio untuk mengajak siswa mendengar dan memahami penjelasan materi dengan lebih menyeluruh.

“Saya juga membuat proyek yang terdiri dari beberapa scene untuk mendeskripsikan 5 lapisan atmosfer. Agar lebih seru pengalaman belajarnya, saya juga memanfaatkan tools Interactivity,” lanjut Pak Noviya.

Pembuatan proyek ini juga menyita waktu kurang lebih satu minggu dengan berbagi tantangan kecil yang dihadapi, misalnya dalam mencari aset yang sesuai dengan materi pembelajaran.

Namun, untungnya beliau dapat memaksimalkan penggunaan aset yang ada di Assemblr Studio—serta memanfaatkan marketplace 3D atau gambar-gambar 2D yang berkaitan dengan materi.

“Jika mau mulai membuat proyek, harus dimulai dengan ide dahulu. Lalu, kembangkan materi dengan aset 2D & 3D. Pastikan untuk memaksimalkan pembelajaran tanpa harus menggunakan objek terlalu banyak. Jangan lupa gunakan Interactivity agar lebih menarik!”

I‍ngin difitur di ACE Corner selanjutnya? Pastikan untuk membagikan berbagai aktivitas Anda dengan tim Komunitas kami. Siapa tahu nama Anda akan difitur juga di artikel-artikel selanjutnya 😉

Tertarik untuk bergabung di komunitas ACE? Mari daftarkan diri Anda di ACE Dashboard dan menjadi bagian dari suatu hal yang besar dalam bidang edukasi!

--

--

Assemblr Blog

Catch up on the latest news about Assemblr, augmented reality insights, educational tips, and the people behind our platform.