Panduan Assemblr Certified Educator (ACE): Apa Itu, Cara Bergabung, dan Aktivitas

Assemblr Blog
5 min readNov 20, 2023

Kabar baik untuk para guru di seluruh dunia! Setelah kami merilis platform Assemblr EDU yang dibuat khusus untuk edukasi, kami juga menciptakan sebuah komunitas untuk para edukator Assemblr EDU berkembang bersama.

Kami menyebutnya dengan nama Assemblr Certified Educator (ACE), sebuah komunitas edukator di seluruh dunia yang mau belajar “melek teknologi” 3D/AR untuk pembuatan bahan ajar interaktif.

Melalui artikel ini, kami akan bahas secara lengkap mengenai komunitas ACE tersebut sendiri—mulai dari apa itu ACE, cara bergabung, hingga aktivitas-aktivitas yang terdapat di dalamnya. Cari tahu selengkapnya di bawah ini, ya!

Apa Itu Assemblr Certified Educator (ACE)?

Assemblr Certified Educator (ACE) adalah komunitas global untuk para edukator untuk mengembangkan kemampuan dalam menggunakan Assemblr EDU secara profesional.

Setelah menjadi bagian dari komunitas, Anda bisa mengasah kemampuan berkreasi di Assemblr EDU agar menciptakan bahan ajar yang inovatif.

Selain itu, Anda juga bisa mengembangkan kreativitas Anda, sambil mendapatkan keuntungan menarik serta jejaring guru yang inovatif di seluruh dunia.

Aktivitas di dalam komunitas ACE cukup beragam. Anda akan banyak diajak berlatih berkreasi di Assemblr EDU dan membagikan hasilnya dengan para guru dan murid.

Bahkan, jika Anda suka tantangan, Anda juga bisa mengadakan sesi webinar mandiri sebagai rangkaian dari tugas ACE.

Seluruh aktivitas tersebut tentunya juga memiliki nilai poin, dan nantinya poin-poin tersebut bisa diakumulasikan. Semakin tinggi nilainya, semakin cepat juga Anda bisa naik level.

Perlu diingat juga bahwa bergabung di komunitas ACE tidak akan dipungut biaya apa pun. Semuanya berlangsung secara remote. Jadi, di mana pun Anda berada, Anda akan tetap bisa mendaftar menjadi anggota ACE.

Keuntungan Sebagai Assemblr Certified Educator (ACE)

1. Tersertifikasi secara resmi

Setiap Anda naik level, kami akan memberikan sertifikasi secara resmi agar Anda bisa lebih semangat dan diakui dalam inovasi pembelajaran Anda di kelas.

2. Jadi guru inovatif

Menciptakan inovasi pastinya juga tidak kalah berharga bagi seorang guru. Saat Anda melatih kemampuan Anda berkreasi di Assemblr EDU, Anda akan belajar untuk membuat media pembelajaran yang berbeda dan menarik para siswa. Siap-siap jadi guru inovatif dan favorit para siswa!

3. Dapatkan hadiah menarik

Tak hanya tersertifikasi, Anda juga akan mendapatkan hadiah yang sangat menarik untuk mendukung aktivitas Anda di Assemblr EDU.

Umumnya, Anda akan mendapatkan upgrade akun gratis ke subscription plan Assemblr EDU, slot custom AR marker, dan bahkan merchandise ACE resmi.

Untuk paket berlangganan sendiri, Anda akan mendapatkan durasi yang lebih panjang jika level Anda semakin tinggi. Bahkan, Anda bisa mendapatkannya untuk seumur hidup.

4. Terhubung dengan para guru

Komunitas kami terbuka untuk semua guru di seluruh dunia, di mana pun Anda berada. Anda akan tetap terhubung dengan para guru dan bisa berbagi beragam inspirasi bersama anggota lainnya.

Cara Memulai Perjalanan di Assemblr Certified Educator (ACE)

1. Daftar sebagai anggota ACE

Daftarkan diri Anda di ACE Dashboard dan dapatkan akun untuk mulai perjalanan sebagai anggota ACE dalam melakukan berbagai task list.

2. Selesaikan berbagai tugas

Setelah mendapatkan akun, kami akan memandu Anda untuk menyelesaikan beberapa tugas sederhana yang bisa Anda pertama kali lakukan di Assemblr EDU agar bisa mencapai level 1.

Masing-masing tugas memiliki jumlah poin berbeda. Semakin susah, maka semakin besar juga nilai poinnya.

3. Laporkan tugas yang sudah dibuat

Tanpa melaporkan, kami tidak akan tahu progres Anda. Setiap menyelesaikan tugas, Anda harus melaporkannya ke ACE Dashboard.

Pastinya, semua ini tidak berlangsung secara instan. Anda mungkin perlu menunggu beberapa saat hingga tugas tersebut berhasil disetujui oleh tim kami untuk mendapat poin.

Jika tugas Anda ditolak, Anda masih bisa membenarkannya. Kami akan memberikan beberapa catatan yang bisa Anda pelajari untuk memperbaikinya.

4. Dapatkan undangan ke grup WhatsApp serta hadiah lainnya

Ketika Anda sudah mencapai level 1, Anda akan mendapatkan undangan ke grup WhatsApp global kami, serta berbagai hadiah menarik seperti sertifikat resmi, upgrade akun, dan lain sebagainya.

Untuk terus naik level, Anda perlu menyelesaikan berbagai tugas lainnya. Semakin banyak tugas yang diselesaikan, maka semakin banyak juga hadiah yang bisa Anda nikmati.

Bahkan, Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan tersebut secara cuma-cuma seumur hidup!

Aktivitas Sebagai Anggota Assemblr Certified Educator (ACE)

ACE Meetup

ACE Meetup adalah acara bulanan yang bisa diikuti untuk terhubung dengan para anggota ACE dengan mudah. Di sini, Anda bisa berbagi ilmu, tips dan trik, serta hal-hal menarik seputar Assemblr EDU dan ACE melalui online meeting.

ACE Challenge

Sama seperti namanya, ACE Challenge dirancang untuk memberi tantangan bagi para anggota untuk melatih kemampuan berkreasi di Assemblr EDU.

Kami menghadirkan berbagai tema untuk menyelesaikan tantangan, dan Anda akan diajak membuat sendiri proyek AR sekereatif mungkin berdasarkan tema yang diberikan. Pemenangnya juga akan mendapatkan hadiah menarik, lho!

“Buka Warung”

Selain acara reguler di atas, kami juga mengajak para anggota ACE untuk mengadakan webinar secara mandiri. Temanya bisa tentang Assemblr EDU secara umum, tips dan trik, atau bahkan pengenalan ACE—apa pun itu yang berhubungan dengan ekosistem Assemblr EDU.

Badge Assemblr Certified Educator (ACE)

Seperti yang sudah dikatakan di atas, ACE juga memiliki level-level. Dan semua level tersebut terangkum dalam 6 badge berbeda.

Masing-masing level dan badge tersebut juga akan menentukan benefit yang Anda dapatkan. Semakin tinggi level dan badge, maka benefit yang didapatkan juga akan semakin beragam dan banyak.

Berikut beberapa badge yang ada di komunitas ACE:

1. Inventor (level 1–3)

2. Explorer (level 4–6)

3. Wizard (level 7–9)

4. Enlightener (level 10–12)

5. Maven (level 13–15)

6. Trailblazer (level 16–18)

Itu dia berbagai detail mengenai komunitas ACE. Jadi, tunggu apa lagi?

Ayo segera bergabung di komunitas guru global kami di Assemblr Certified Educator, dan siap-siap jadi guru inovatif dengan beragam kemampuan!

--

--

Assemblr Blog

Catch up on the latest news about Assemblr, augmented reality insights, educational tips, and the people behind our platform.