Bagaimana Cara Kerja Sistem Pencernaan Manusia?

Assemblr Blog
3 min readOct 19, 2021

--

Setiap makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh kita ternyata melalui proses yang kompleks untuk dapat dicerna, lho!

Makanan dan minuman akan dicerna oleh tubuh dan digunakan menjadi energi kita setiap hari. Oleh karena itu, proses pencernaan merupakan siklus yang penting agar tubuh kita tetap sehat.

Bagaimana cara kerja sistem pencernaan manusia? Organ apa saja yang diperlukan dalam sistem pencernaan? Yuk, simak lebih lanjut!

Apa saja organ tubuh yang diperlukan dalam sistem pencernaan?

Ada dua kelompok organ-organ yang diperlukan dalam sistem pencernaan. Kelompok pertama adalah organ dalam saluran pencernaan dan kelompok kedua adalah organ pencernaan pelengkap.

Saluran gastrointestinal atau disebut juga saluran pencernaan adalah saluran yang memanjang dari mulut hingga ke anus. Fungsi saluran tersebut adalah untuk mencerna, memecah, dan menyerap zat gizi makanan untuk disalurkan melalui peredaran darah.

Organ-organ yang diperlukan dalam saluran pencernaan adalah mulut, esofagus (kerongkongan), lambung, usus halus, usus besar, rektum, dan anus, sedangkan organ-organ pencernaan pelengkap adalah mulut, kantung empedu, kelenjar air liur, hati, dan pankreas.

Urutan sistem pencernaan manusia

Setiap bagian dari sistem pencernaan memiliki tugas untuk membantu makanan dan cairan bergerak melalui saluran pencernaan. Selain itu, ia pun bertugas memecah makanan dan cairan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Namun, beberapa organ juga diperlukan untuk melakukan keduanya.

Selain kedua hal di atas, saraf dan hormon di dalam tubuh kita juga dapat membantu kerja proses sistem pencernaan.

Ada hormon yang dikeluarkan oleh tubuh kita untuk mengontrol cara kerja sistem pencernaan kita. Hormon-hormon ini akan memberi sinyal pada tubuh dan otak kita untuk membuat cairan pencernaan dan memberi tanda saat kita lapar atau kenyang.

Di sisi lain, saraf kita bekerja sebagai penghubung antara sistem saraf pusat dan sistem pencernaan. Oleh karena itu, ketika kita mencium atau melihat makanan, otak kita akan mengirim perintah ke kelenjar ludah untuk membuat mulut kita berair sebagai persiapan untuk makan.

Penasaran bagaimana proses makanan dan minuman di dalam saluran pencernaan? Yuk, cari tahu di bawah!

Mulut

Proses pertama dimulai saat kita makan. Saat kita menelan, makanan akan didorong ke dalam tenggorokan kita. Kemudian, epiglotis, katupan pada persimpangan kerongkongan dan tenggorokan, akan mencegah makanan masuk ke dalam sistem pernapasan.

Kerongkongan (esofagus)

Begitu kita mulai menelan, otot-otot kerongkongan akan mendapatkan sinyal dari otak untuk melakukan gerakan peristaltik. Peristaltik adalah gerakan kontraksi dan relaksasi otot yang gerakannya seperti gelombang.

Sfingter esofagus bawah

Saat makanan sampai di ujung kerongkongan, makanan akan mencapai sfingter esofagus bawah. Sfingter esofagus adalah otot-otot berbentuk seperti cincin yang membiarkan makanan masuk ke dalam perut. Organ ini berfungsi untuk mencegah isi lambung tumpah kembali ke kerongkongan.

Perut

Di dalam perut, makanan dan cairan akan digabungkan dengan cairan pencernaan. Kemudian, semua isinya akan dikosongkan oleh lambung ke dalam usus halus.

Usus halus

Kemudian, otot usus halus akan menggabungkan makanan dengan cairan pencernaan dari pankreas, hati, dan usus. Setelahnya, otot-otot tersebut akan mendorongnya untuk proses pencernaan.

Air dan nutrisi yang dicerna kemudian diserap ke dalam aliran darah oleh dinding usus kecil. Selama gerak peristaltik terus berlangsung, sisa dari proses pencernaan akan masuk ke usus besar.

Usus besar

Usus besar akan menyerap air dan mengubah sisa cairan menjadi feses. Setelah itu, feses akan berpindah ke rektum dengan bantuan gerakan peristaltik.

Rektum

Pada akhirnya, feses akan disimpan di bagian ujung bawah usus besar yang disebut rektum. Kemudian, saat buang air besar, feses akan didorong keluar dari anus.

Tubuh kita bekerja dengan sistem yang sangat kompleks setiap hari, termasuk bagaimana sistem pencernaan kita bekerja. Namun, kita juga sama-sama berperan penting dalam menjaga tubuh kita. Jadi, pastikan untuk terus menjaga kesehatan tubuh kita, ya!

Ingin tahu lebih banyak tentang sistem pencernaan manusia? Kamu dapat mempelajari topik ini di Assemblr EDU! Yuk, belajar interaktif dan seru dengan visual 3D dan AR!

Assemblr EDU percaya bahwa semua orang bisa menyulap pendidikan menjadi lebih menyenangkan dan interaktif dengan menggunakan teknologi augmented reality (AR). Tertarik untuk membuka berbagai peluang untuk kegiatan belajar Anda? Unduh Assemblr EDU sekarang, tersedia di App Store and Play Store!

--

--

Assemblr Blog

Catch up on the latest news about Assemblr, augmented reality insights, educational tips, and the people behind our platform.