Dimulai Dari Kelas, 4 Tips Efektif Ini Dapat Membantu Murid Anda Makin Kreatif!

Assemblr Blog
4 min readApr 29, 2022

--

Belakangan ini, kreativitas seringkali disebut sebagai salah satu skill penting yang wajib dimiliki semua orang. Hal tersebut juga sering disangkutpautkan sebagai skill ideal untuk membantu orang diterima bekerja dan berkembang di tempat kerja.

Walaupun selama ini integritas dan skill berpikir secara global adalah hal-hal yang wajib dimiliki para pemimpin di tempat kerja, fakta yang muncul belakangan ini berbicara lain hal.

The International Business Machines Corporation (IBM) membuat sebuah polling untuk para CEO, dan 60% dari mereka percaya kreativitas adalah kualitas yang sangat penting dimiliki para pemimpin.

Melihat dari hal yang terjadi di lapangan, penting bagi guru, termasuk Anda, untuk mengembangkan kreativitas murid Anda. Orang tua memang turut andil, tetapi sekolah juga tak kalah pentingnya dalam membentuk kreativitas murid-muridnya.

Maka dari itu, mungkin ini adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk mulai berfokus dalam melatih skill kreativitas murid Anda. Jika Anda masih bingung cara memulainya, mari ikuti 4 tips di bawah ini:

1. Biarkan murid bereksplorasi

Foto oleh Ismail Salad Osman Hajji dirir (Unsplash)

Hal pertama dan paling mendasar adalah membiarkan murid Anda bereksplorasi secara langsung; bukan hanya melihat atau mendengar berdasarkan apa yang Anda katakan.

Sebagai guru, Anda perlu menyiapkan aktivitas yang berfokus mengembangkan kemampuan kreatif murid Anda. Salah satunya adalah dengan membiarkan murid Anda mengubah ide mereka menjadi kenyataan.

Untuk melakukannya, Anda dapat merancang aktivitas individual maupun grup yang berkaitan dengan membuat sesuatu karya kreatif berdasarkan tema atau topik yang Anda tentukan.

Dengan Assemblr EDU sebagai platform penunjang, murid Anda dapat berkreasi di smartphone maupun tablet dengan berbagai fitur yang tersedia—mulai dari objek 2D & 3D, gambar, teks, hingga video.

Video oleh Assemblr World (YouTube)

Cukup drag and drop objek-objek yang ada dan biarkan mereka menuangkan imajinasi yang ada di pikiran mereka.

Selesai berkreasi, mereka juga dapat melihat kreasinya secara “nyata” dengan tampilan AR! Selain menarik, hal ini juga dapat mendorong murid untuk membuat kreasi yang lebih baik lagi ke depannya.

2. Bimbing mereka selama berproses

Foto oleh Adam Winger (Unsplash)

Meskipun penting bagi murid Anda untuk bereksplor sendiri, guru tetap memiliki tanggung jawab untuk membimbing mereka selama proses tersebut.

Ketika diperlukan, Anda dapat mengadakan sesi one-on-one secara individual untuk berdiskusi mengenai ide yang mereka miliki dan memberi saran untuk hal-hal yang dapat ditingkatkan.

Menemukan asalah atau melakukan kesalahan adalah hal yang wajar. Namun, jangan sampai murid Anda terus terpuruk dalam kondisi tersebut. Di sinilah Anda dapat berdampak bagi mereka.

Anda dapat sampaikan masukan-masukan dengan cara yang tepat dan sesuai dengan situasi murid Anda.

Sebagai pembuka, Anda dapat memulai dengan “Bapak/Ibu senang dengan cara kamu… karena…” dan lanjutkan dengan kalimat yang dapat meningkatkan semangat mereka, seperti “Mungkin, kamu bisa coba untuk… ,lho!”

3. Ciptakan tempat diskusi yang nyaman

Foto oleh Kenny Eliason (Unsplash)

Lagi-lagi, kreativitas adalah sesuatu yang harus dilatih dan didiskusikan. Hal itu baru dapat tercapai ketika kita dapat mendengar secara langsung apa yang murid kita pikirkan.

Namun, hal tersebut tidak akan pernah tercapai apabila ruang kelas tidak dapat menjadi tempat yang aman untuk berdiskusi. Artinya, Anda harus membuat ruang kelas senyaman mungkin, sehingga murid-murid Anda dapat berdiskusi tanpa rasa takut.

Peran Anda sebagai guru akan menjadi hal yang penting di sini. Jadikanlah kelas sebagai ruang bagi murid Anda bereksplorasi, dan dengarkan ide-ide mereka secara seksama.

4. Hargai kreativitas mereka

Foto oleh Jerry Wang (Unsplash)

Murid-murid selalu senang diberi penghargaan. Ketika mereka telah berani untuk berbagi ide, cobalah untuk memberi mereka apresiasi.

Penghargaan tersebut tak perlu sesuatu yang mewah. Justru, perayaan secara kecil-kecilan sudah cukup bagi mereka. Anda dapat memuji ide mereka, memberi penjelasan tentang apa yang membuat ide mereka kreatif, dan jika Anda memiliki saran, sampaikanlah dengan baik.

Selain itu, Anda juga dapat memberi hadiah bagi mereka. Carilah hal yang murid-murid Anda sukai, dan beri mereka hadiah untuk merayakan ide kreatif mereka.

Pada intinya…

Melatih kreativitas bukanlah proses yang instan. Apa yang terjadi di belakang layar mungkin melelahkan, tetapi ketika murid Anda dapat sukses mengembangkan ide kreatif mereka, akan ada pencapaian yang luar biasa bagi Anda pula. Mari bantu kembangkan kreativitas mereka!

Assemblr EDU percaya bahwa semua orang bisa menyulap pendidikan menjadi lebih menyenangkan dan interaktif dengan menggunakan teknologi augmented reality (AR). Tertarik untuk membuka berbagai peluang untuk kegiatan belajar Anda? Unduh Assemblr EDU sekarang, tersedia di App Store and Play Store!

--

--

Assemblr Blog

Catch up on the latest news about Assemblr, augmented reality insights, educational tips, and the people behind our platform.